Langsung ke konten utama

Ledakan bintang.



Supernova SN2010jl. KLIK gambar untuk memperbesar. Image credit: chandra.harvard.edu
Observasi yang dilakukan dengan NASA's Chandra X-ray Observatory, memberikan bukti baru bahwa gelombang kejut yang dihasilkan oleh supernova mampu menembus kumpulan gas yang berada disekitar bintang yang meledak. Penemuan ini dapat membantu para astronom mengatahui mengapa beberapa ledakan supernova lebih kuat dari pada supernova yang lain.


Pada 3 November 2010, sebuah supernova ditemukan di galaksi UGC 5189A yang terletak 160 juta tahun cahaya dari Bumi dengan enggunakan data dari All Sky Automated Survey Telescope di Hawai.

Gambar komposit dari UGC 5189A menunjukkan data sinar-X dalam warna ungu dan data optik dari telekop Hubble dalam warna merah, hijau, dan biru. SN 2010jl adalah bagian atas galaksi dengan cahaya sinar- X yang sangat terang.

Dikutip dari spacedaily.com, Selasa (22/05/2012), Tim peneliti menggunakan NASA's Chandra X-ray Observatory untuk mengobservasi supernova ini pada bulan Desember 2010 dan Oktober 2011. Supernova ini adalah satu supernova yang paling terang dari supernova lain yang pernah dideteksi dengan sinar-X.

Dengan cahaya optik, SN 2010jl  10 kali lebih terang dari pada tipe supernova lain yang berasal dari hasil ledakan bintang masif. Dan ini masuk ke dalam kelompok supernova paling terang yang saat ini diketahui dengan survey optik. Penjelasan berbeda diusulkan untuk menjelaskan energi supernova ini termasuk interaksi gelombang ledakan supernova dengan kepadatan materi disekitar bintang yang akan meledak. Radioaktif dihasilkan dari ketidakstabilan dari supernova itu (dipisu oleh konversi sinar gamma menjadi partikel dan anti anti partikel), dan emisi dari inti bintang dengan medan magnet kuat yang tidak biasa.

Data yang diambil dari NASA's Chandra X-ray Observatory menunjukkan bahwa sinar-X dari gelombang ledakan supernova tersebut diserap oleh kumpulan gas disekitarnya. Dan kumpulan gas tersebut berasal dari bintang masih sebelum ia meledak. (Adi Saputro/astronomi.us)



sumber : http://www.astronomi.us/2012/05/supernova-sn2010jl-supernova-paling.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PENDIDIKAN DARI TOKOH-TOKOH PENDIDIKAN

A. PANDANGAN PENDIDIKAN MENURUT TOKOH-TOKOH 1). Ki Hajar Dewantara Prinsip Belajar Penafsiran konsep pedidikan Ki Hajar Dewantara dibidang ide pendidikan merdeka, kodrat alam dan pendidikan anak-anak dipengaruhi oleh Frobel dan Montesori. Prinsip belajar Menurut  Ki Hajar Dewantara atau yang lebih dikenal dengan 3N yaitu Niteni, Nirokake, dan Nambahi. a.        Niteni Niteni merupakan kemampuan untuk mencermati, mengenali, dan menangkap makna (sifat, ciri, prosedur, dan kebenaran) suatu objek. Hal ini dapat diartikan merupakan proses perencanaan dan penemuan makna sifat, ciri, prosedur, dan kebenaran) melalui pengamatan indrawi. b.       Nirokake, dan Nambahi. Nirokake merupakan proses meniru suatu pandangan yang dilihatnya, sedangkan nambahi meruakan proses menambahkan sebuah objek yang telah melewati tahapan niteni dan nirokake. Pembahasan menganai kedua prinsip Nirokake, dan Nambahi selalu beriringan mengingat...

KAJIAN MASA DEPAN (FUTUROLOGY)

PENTINGNYA KAJIAN MASA DEPAN (FUTUROLOGY) DALAM PEDAGOGI Istilah futurologi dikaitkan dengan istilah-istilah riset masa depan ( future research ), studi masa depan ( future studies ), dan riset kebijakan, Futurologi dapat diartikan sebagai kajian atau studi tentang berbagai kecenderungan yang mungkin terjadi di masa depan. Kajian futurologi menjadi sangat penting bagi pedagogi karena melalui kajian ini kita bisa menyiapkan, membangun proses, dan berusaha mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan masa depan yang memiliki tantangan global yang belum dapat diprediksi. Apabila kajian tentang futurology tidak digunakan maka sudah menjadi barang pasti kompetensi anak-anak akan sangat jauh tertinggal dan tidak dapat bersaing dengan masyarakat global. Untuk mengimplementasikan kajian futurology ini dibutuhkanlah sebuah system yang dapat bertanggung jawab atas perkembangan komppetensi anak, melalui pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat menyiapkan generasi bangsa yang dapat menghadapi dunia g...

PERSPEKTIF RELIGI TENTANG HAKIKAT PENDIDIKAN

MAKALAH PERSPEKTIF RELIGI TENTANG HAKIKAT PENDIDIKAN Diajukan untuk Memenuhi Tugas Landasan Pedagogi   M FURQON NOVIANA PUTRI    PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA SPS UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG OKTOBER, 2017 KATA PENGANTA R DAN UCAPAN TERIMAKASIH              Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah , Rabb semesta alam , Pembuat gelap dan terang, yang menguasai hati, pikiran hingga setiap hembusan nafas, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Perspektif Religi Tentang Hakikat Pendidikan” ini . Shalawat dan salam semoga senantiasa ditujukan bagi Rasulullah, keluarga, para sahabat dan siapa saja yang meneladani Rasullulah Muhammad S.A.W  dengan baik hingga hari kiamat . Makalah   ini merupakan salah satu tugas yang diselesaikan untuk m...