SILABUS PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas
/ Semester : VII / Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prosedur Ilmiah Untuk
Mempelajari Benda-benda Alam Dengan Menggunakan Peralatan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Tatap Muka
|
Pemberian Tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Tehnik
|
Bentuk
|
|||||
1.1
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan
|
Besaran
|
Mencari
informasi mengenai definisi besaran
|
Membuat
pengelompokkan antara besaran pokok dan besaran turunan.
|
Siswa
mampu membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
|
Menjelaskan
pengertian besaran
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
3
x 40’
|
IPA
FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA
unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet;
|
Mencari
informasi mengenai definisi dan contoh besaran pokok
|
Mendeskripsikan
pengertian besaran pokok
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
||||||
Mencari
informasi mengenai definisi dan
contoh besaran turunan
|
Mendeskripsikan
pengertian besaran turunan
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
||||||
Mendiskusikan
besaran-nesaran fisika yang tergolong sebagai besaran pokok ( diskusi kelas )
|
Mengelompokkan
besaran-besaran fisika dalam besaran pokok
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
||||||
Mendiskusikan
besaran-besaran fisika yang tergolong sebagai besaran turunan ( diskusi kelas
)
|
Mengelompokkan
besaran-besaran fisika dalam besaran turunan
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
||||||
1.2
Mendeskripsikan pengertian
|
Suhu
dan Pengukurannya
|
Mencari
informasi mengenai definisi suhu
|
Mengkonversikan
suhu suatu zat dari skala
|
Menaplikasikan
pengukuran suhu dengan
|
Menjelaskan
pengertian suhu
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
IPA
FISIKA untuk SMP Kelas VII
|
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||||
Tatap
Muka
|
Pemberian
Tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Teknik
|
Bentuk
|
|||||
suhu
dan pengukurannya
|
Mencari
informasi mengenai definisi skala
|
Celcius,
Kelvin,Fahrenheit, dan
Reamur;
|
benar.
|
Menjelaskan
pengertian skala
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
Marthen
Kanginan
(
ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA );
LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
|
||
Mencari
informasi mengenai skala yang digunakan pada pengukuran suhu
|
Menyebutkan
4 skala yang digunakan dalam pengukuran suhu
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
||||||
Mendiskusikan
besarnya skala thermometer sesuai dengan jenis skalanya ( diskusi kelas )
|
Menetapkan
skala thermometer
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
||||||
Mendiskusikan
perumusan hubungan keempat skala thermometer ( diskusi kelas )
|
Merumuskan
hubungan keempat skala thermometer dalam perbandingan
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
||||||
Melakukan
percobaan sederhana menggunakan thermometer celcius dan thermometer lain yang
belum diketahui skalanya.
|
Membandingkan
skala thermometer celcius dengan thermometer yang lainnya
|
Tes
|
Unjuk Kerja
|
Uji
Kesimpulan Unjuk Kerja
|
||||||
Melakukan
pengukuran suhu zat dengan menggunakan thermometer.
|
Menggunakan
thermometer untuk mengukur suhu zat
|
Tes
|
Unjuk
kerja
|
Uji
Kesimpulan Unjuk Kerja
|
||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Tatap Muka
|
Pemberian Tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Teknik
|
Bentuk
|
|||||
1.3 Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
Pengukuran
|
Melakukan
pengukuran suatu benda menggunakan gambar, atau simulasi
|
Menentukan
alat yang sesuai dengan fungsi pengukurannya.;
Melakukan
pengukuran menggunakan beberapa alat ukur ( suhu, panjang ) yang sesuai
dengan teliti dan mencatat hasil nya.
|
Menyelesaikan
permasalahan pengukuran;
|
Melakukan
pengukuran secara tidak langsung
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
5
x 40’
|
IPA
FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA
unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul
Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
|
Melaksanakan
percobaan pengukuran suatu benda, misalnya tebal kertas menggunakan
mikrometer sekrub
|
Melakukan pengukuran
secara langsung
|
Tes
|
Unjuk
Kerja
|
Uji
keterampilan unjuk kerja
|
||||||
Melakukan
eksperimen menggunakan satuan baku dan tak baku
|
Mengukur dengan
satuan baku dan tak baku secara baik dan benar.
|
Tes
|
Unjuk
Kerja
|
Uji
ketelitian unjuk kerja
|
-SILABUS
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas
/ Semester : VII / Ganjil
Standar
Kompetensi : 3. Memahami wujud Zat dan
Perubahannya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Tatap Muka
|
Pemberian Tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Tehnik
|
Bentuk
|
|||||
3.1 Menjelaskan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Wujud Zat
|
Mendiskusikan pengertian dan proses perubahan wujud zat ( diskusi kelas ).
|
Menyusun skema perubahan wujud zat.; Mengamati
peristiwa kohesi dan adhesi.
|
Menyelesaikan permasalaahan peristiwa perubahan
wujud zat dalam kehidupan sehari-hari
|
Menjelaskan
perubahan wujud zat
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
IPA
FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA
unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul
Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
|
|
Mencari informasi mengenai sifat-sifat zat padat,
cair dan gas berdasarkan bentuk dan volumenya.
|
Membedakan sifat-sifat antara zat padat, cair dan
gas.
|
Menyebutkan sifat
zat padat, cair dan gas
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
|||||
Mendiskusikan
pengertian kapilaritas dan peristiwa kapilaritas yang dapat dijumpai
di kehisupann sehari-hari ( diskusi kelas )
|
Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Mengaitkan peristiwa
kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Tatap Muka
|
Pemberian Tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Tahnik
|
Bentuk
|
|||||
Melakukan pengamatan sifat adhesi dan kohesi
pada
percobaan air dan raksa pada pipa kapiler.
|
Membedakan kohesi
dan adhesi berdasarkan
Pengamatan
|
Tes
|
Unjuk kerja
|
Uji kesimpulan unjuk
kerja
|
||||||
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
|
Massa Jenis
|
Melakukan percobaan menentukan massa jenis
berbagai zat dengan menggunakan alat-alat ( 4 s/d 5 orang tiap kelompok )
|
Menentukan jenis zat berdasarkan massa jenisnya;
Menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan konsep massa jenis
|
Menyelesaikan permasalahan sehubungan dengan massa
jenis dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan dari
hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat
|
Tes
|
Unjuk Kerja
|
Uji Kesimpulan unjuk kerja
|
4x40’
|
IPA FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan (
ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA );
LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
|
Mendiskusikan perumusan konsep massa jenis ( diskusi kelas )
|
Menghitung massa
jenis suatu zat
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
||||||
Mencari informasi peristiwa-peristiwa berkaitan
dengan konsep massa jenis dalam kehisupan sehari-hari
|
Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari
|
Mengggunakan konsep
massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Tatap Muka
|
Pemberian Tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Tehnik
|
Bentuk
|
|||||
3.3 Menjelaskan prinsip pemuaian
dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Pemuaian
Zat
|
Mendiskusikan
pengertian pemuaian zat ( diskusi kelas )
|
Mencari
informasi pemuaian yang terjadi pada zat
Padat,
cair, dan gas;
Mencari
informasi peristiwa Anomali Air
|
Menyelesaikan
permasalahan-permasalahan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
pengertian pemuaian zat
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
5 x 40’
|
IPA
FISIKA untuk SMP Kelas VII
Marthen
Kanginan ( ERLANGGA ); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono (
ERLANGGA ); LKS; Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
|
Mendiskusikan proses
terjadinya pemuaian pada zat padat, cair dan gas ( diskusi kelompok 4
s/d 5 orang ).
|
Mengidentifikasi
proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
||||||
Mendiskusikan
perumusan pemuaian Panjang, Luas dan Volume ( diskusi kelas )
|
Menyatakan pemuaian panjang, luas dan volume ke dalam
persamaan
|
Tes
|
Tertulis
|
PG
|
||||||
Mencari
informasi perihal pemuaian volume yang terjadi pada zat cair.
|
Mengetahui
adanya sifat anomaly air.
|
Mengidentifikasi
muai volume berbagai jenis zat cair.
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
|||||
Mencari
informasi perihal prinsip pemuaian dalam teknologi.
|
Mengaplikasina
pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menunjukkan
prinsip pemuaian dalam teknologi misalnya Bimetal, pengelingan, pemasangan
bingkai besi pada roda, pemasangan kaca, dan rel kerata api.
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
|||||
3.4 Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah
wujud zat
|
Kalor
|
Mendiskusikan
pengertian kalor ( diskusi kelas )
|
Menghitung
banyaknya kalor yang di perlukan pada proses perubahan
|
Menjelaskan
pengertian kalor
|
Tes
|
Lisan
|
Uraian
|
5 x 40’
|
IPA
FISIKA untuk SMP Kelas VII Marthen Kanginan (
|
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||
Tatap Muka
|
Pemberian tugas
|
KMTT
|
Jenis
|
Teknih
|
Bentuk
|
|||||
dan suhu
suatu benda serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
Mencari
informasi tentang bagaimana kalor mengubah suhu benda dan pengaruh kalor
terhadap peristiwa perubahan wujud.
|
suhu,
Melebur,
dan menguap.
|
Menyelesaikan
permasalahan-permasalahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda dan perubahan wujud zat
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
ERLANGGA
); Seribu Pena FISIKA unruk SMP kelas VII Agus Kartono ( ERLANGGA ); LKS;
Internet; Modul Praktikum; Alat dan Bahan Praktikum;
|
||
Mendiskusikan
proses kenaikkan suhu zat ( diskusi kelas )
|
Mengidentifikasi banyaknya kalor yang diperlukan untuk
menaikkan suhu zat.
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
||||||
Mendiskusikan
factor yang mempengaruhi penguapan ( diskusi kelas )
|
Mengemukakan
factor-faktor yang dapat mempercepat panguapan.
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
|
||||||
Melakukan
percobaan kalor menggunakan calorimeter.
|
Menyelidiki kalor
yang dibutuhkan pada saat mendidih dan melebur
|
Tes
|
Uji
Kerja
|
Uji
Kesimpulan Kerja
|
||||||
Mendiskusikan
hubungan antara energy, massa, kalor jenis dan suhu ( diskusi kelas )
|
Menerapkan
hubungan
Q = m. C. Δt
Q = m. U dan
Q = m. L
Untuk
menyelesaikan masalah sederhana
|
Tes
|
Tertulis
|
Uraian
dan PG
|
Komentar
Posting Komentar