Langsung ke konten utama

SILABUS KURIKULUM 2013 MATERI CAHAYA DAN BUNYI


SILABUS PEMBELAJARAN
Tahun pelajaran : 2013 / 2014
Sekolah                         :   -
Mata Pelajaran            :   Fisika
Kelas/Semester             :   VIII / 1
Standar Kompetensi     :   Memahami konsep dan penerapan  cahaya dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
Tingkat Ranah KD
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Tingkat Ranah
IPK
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4
1.Menyelidiki
sifat-sifat
cahaya dan
hubungannya
dengan
berbagai
bentuk cermin
dan lensa
















C3































Menjelaskan  pengertian cahaya

Menjelaskan pengertian sifat-sifat cahaya

Menjelaskan hukum pemantulan Cahaya

Menjelaskan  pemantulan cahaya pada pada cermin datar, cekung dan cembung

Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung berdasaarkan percobaan.

Menyebutkan aplikasi pemantulan cahaya pada cermin datar, cekung dan cembung dalam kehidupan sehari-hari.

Menjelaskan hukum pembiasan cahaya

Menjelaskan pembiasan cahaya pada lensa cembung,cekung

Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa  cekung dan lensa cembung berdasarkan percobaan.

Menyebutkan aplikasi pembiasan cahaya pada lensa  cekung dan cembung dalam kehidupan sehari-hari.

C1

C1

C2

C2


C3



C2


C2

C2

C3


C2
Cahaya

















































Standar Kompetensi     :   Memahami konsep dan penerapan  getaran, gelombang dan optikal dalam produk teknologi sehari-hari
Kompetensi
Dasar
Tingkat Ranah KD
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Tingkat Ranah
IPK
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
1
2
3
4

Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

















C2




















-Menjelaskan karakteristik bunyi
-Menjelaskan sifat dasar gelombang bunyi
-Menjelaskan medium  perambat bunyi
-Menjelaskan apalikasi penggunaan medium perambata bunyi dalam kehidupan sehar- hari
-Menjelaskan Cepat Rambat Gelombang Bunyi
-Menjelaskan   bunyi infrasonic, ultrasonic dan audiosonik
-Menjelaskan contoh bunyi infrasonic, ultrasonic, dan audiosonik dalam kehidupan sehari-hari
-Menjelaskan pengertian  resonansi
- Melakukan percobaan resonansi bunyi
-Menjelaskan manfaat dan kerugian resonansi dalam kehidupan sehari-hari
-Menjelaskan Hukum Pemantulan Bunyi
 -Menjelaskan macam-macam bunyi pantul
-Menyebutkan manfaat  pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
C1
C2
C2
C2

C1
C1
C2

C1

C3

C2

C2

C1

C1












Bunyi






































Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP PENDIDIKAN DARI TOKOH-TOKOH PENDIDIKAN

A. PANDANGAN PENDIDIKAN MENURUT TOKOH-TOKOH 1). Ki Hajar Dewantara Prinsip Belajar Penafsiran konsep pedidikan Ki Hajar Dewantara dibidang ide pendidikan merdeka, kodrat alam dan pendidikan anak-anak dipengaruhi oleh Frobel dan Montesori. Prinsip belajar Menurut  Ki Hajar Dewantara atau yang lebih dikenal dengan 3N yaitu Niteni, Nirokake, dan Nambahi. a.        Niteni Niteni merupakan kemampuan untuk mencermati, mengenali, dan menangkap makna (sifat, ciri, prosedur, dan kebenaran) suatu objek. Hal ini dapat diartikan merupakan proses perencanaan dan penemuan makna sifat, ciri, prosedur, dan kebenaran) melalui pengamatan indrawi. b.       Nirokake, dan Nambahi. Nirokake merupakan proses meniru suatu pandangan yang dilihatnya, sedangkan nambahi meruakan proses menambahkan sebuah objek yang telah melewati tahapan niteni dan nirokake. Pembahasan menganai kedua prinsip Nirokake, dan Nambahi selalu beriringan mengingat...

KAJIAN MASA DEPAN (FUTUROLOGY)

PENTINGNYA KAJIAN MASA DEPAN (FUTUROLOGY) DALAM PEDAGOGI Istilah futurologi dikaitkan dengan istilah-istilah riset masa depan ( future research ), studi masa depan ( future studies ), dan riset kebijakan, Futurologi dapat diartikan sebagai kajian atau studi tentang berbagai kecenderungan yang mungkin terjadi di masa depan. Kajian futurologi menjadi sangat penting bagi pedagogi karena melalui kajian ini kita bisa menyiapkan, membangun proses, dan berusaha mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan masa depan yang memiliki tantangan global yang belum dapat diprediksi. Apabila kajian tentang futurology tidak digunakan maka sudah menjadi barang pasti kompetensi anak-anak akan sangat jauh tertinggal dan tidak dapat bersaing dengan masyarakat global. Untuk mengimplementasikan kajian futurology ini dibutuhkanlah sebuah system yang dapat bertanggung jawab atas perkembangan komppetensi anak, melalui pendidikan. Pendidikan diharapkan dapat menyiapkan generasi bangsa yang dapat menghadapi dunia g...

PERSPEKTIF RELIGI TENTANG HAKIKAT PENDIDIKAN

MAKALAH PERSPEKTIF RELIGI TENTANG HAKIKAT PENDIDIKAN Diajukan untuk Memenuhi Tugas Landasan Pedagogi   M FURQON NOVIANA PUTRI    PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA SPS UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG OKTOBER, 2017 KATA PENGANTA R DAN UCAPAN TERIMAKASIH              Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah , Rabb semesta alam , Pembuat gelap dan terang, yang menguasai hati, pikiran hingga setiap hembusan nafas, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Perspektif Religi Tentang Hakikat Pendidikan” ini . Shalawat dan salam semoga senantiasa ditujukan bagi Rasulullah, keluarga, para sahabat dan siapa saja yang meneladani Rasullulah Muhammad S.A.W  dengan baik hingga hari kiamat . Makalah   ini merupakan salah satu tugas yang diselesaikan untuk m...